Rindi Ismiraj, 135060166 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN SUBTEMA PERUBAHAN RUPA BUMI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDN Cipaku 2 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (922kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada subtema perubahan rupa bumi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Cipaku 2 dan dilatar belakangi kegiatan pembelajaran subtema perubahan rupa bumi yang dilakukan kurang bermakna bagi siswa sehingga siswa mudah lupa materi yang telah disampaikan oleh guru serta penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya penggunaan media menyebabkan anak kurang disiplin terhadap pembelajaran subtema tersebut. Pada akhirnya hasil pembelajaran pada subtema perubahan rupa bumi masih tergolong rendah dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi, hasil wawancara observer dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap disiplin dan hasil tes belajar. Pada penilaian sikap disiplin nilai rata-rata siklus I yaitu 2,6 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 2,8 dan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 3,1. Hasil belajar siklus I pada pretes nilai rata-rata yaitu 61 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 73, hasil belajar siklus II pada pretes nilai rata-ratanya 66 sedangkan pada post tes nilai rata-ratanya 76 dan hasil belajar pada siklus III pada pretest nilai rata-rata yaitu 69 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 81 . Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar siswa pada subtema perubahan rupa bumi di kelas III SDN Cipaku 2. Kata kunci: discovery learning, sikap disiplin, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 07:09 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29198 |
Actions (login required)
View Item |