PEMBELAJARAN MEMPERTUNJUKKAN TOKOH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI DI KELAS XI SMAN 1 RANCAEKEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tanti Perawati, 135030110 (2017) PEMBELAJARAN MEMPERTUNJUKKAN TOKOH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI DI KELAS XI SMAN 1 RANCAEKEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berbicara merupakan wujud aktifitas lisan dalam berkomunikasi. Dalam penerapannya keterampilan berbicara tidaklah mudah untuk diterapkan pada pe-serta didik, terutama pada pembelajaran mempertunjukkan tokoh drama. Media film animasi merupakan salah satu media hasil pengolahan gambar tangan yang di-proyeksikan ke dalam komputer sehingga dapat bergerak. Berkaitan dengan pen-jelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mempertunjukkan Tokoh Drama dengan Menggunakan Media Film Animasi di Kelas XI SMAN 1 Rancaekek Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mempertunjukkan tokoh drama dengan menggunakan media film animasi, peserta didik mampu mempertunjukkan tokoh drama dengan penuh peng-hayatan dan percaya diri, media film animasi efektif diterapkan dalam pembelajaran mempertunjukkan tokoh drama di kelas XI SMAN 1 Rancaekek. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu quasi eksperimen (eksperimen semu), dengan teknik penelitian studi pustaka, uji coba, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil pe-nelitiannya yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pem-belajaran mempertunjukkan tokoh drama dengan menggunakan media film ani-masi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil rata-rata nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,75. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat baik (A). Peserta didik kelas XI SMAN 1 Rancaekek mampu mempertunjuk-kan tokoh drama dengan penuh penghayatan dan percaya diri. Hal ini dapat dibukti-kan berdasarkan hasil nilai rata-rata pretes sebesar 49,57 dan nilai rata-rata postes sebesar 83,85 dengan selisih 34,28. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas XI MIA 6 SMAN 1 Rancaekek mengalami peningkatan dalam belajar. Keefektifan media film animasi dalam pembelajaran mempertunjukkan tokoh drama. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel 14,96 ≥ 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 34. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka kesimpulannya adalah penelitian pembelajaran mempertunjukkan tokoh drama dengan mengguna-kan media film animasi di kelas XI SMAN 1 Rancaekek, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, Mempertunjukkan, Tokoh, Drama, Media Film Animasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:41
Last Modified: 12 Sep 2017 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29193

Actions (login required)

View Item View Item