PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SKEMATA KRITIS DI KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rio Pratama, 135030090 (2017) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SKEMATA KRITIS DI KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menceritakan berkaitan dengan keterampilan berbicara. Salah satunya yaitu berbicara teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis, yang menekankan pada konsep kerja sama dan perencanaan terhadap sebuah teks yang diceritakan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2016/2017?; 2) Mampukah siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung menceritakan kembali isi teks biografi berdasarkan struktur teks penulisan teks biografi secara tepat?; 3) Efektifkah model skemata-kritis digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,86 yang termasuk kategori sangat baik. b) Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu menceritakan kembali isi teks biografi berdasarkan struktur teks. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 53,3 dan nilai rata-rata postes 89,3 peningkatan sebesar 36. c) Model skemata-kritis efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic dengan hasil thitung> ttabel yakni 18,55 > 2,045 pada taraf signifikansi 5% dan db sebesar 28. Pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata-kritis berhasil untuk diterapkan di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan model skemata kritis di kelas X SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2016/2017 berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran, menceritakan, kembali isi teks biografi, model skemata-kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:49
Last Modified: 11 Sep 2017 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item