PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Sub.Tema Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sindangpanon Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung)

RIMA ANUGERAH LESTARI, 135060241 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Sub.Tema Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sindangpanon Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema manfaat makanan sehat dan bergizi di kelas IV SDN Sindangpanon Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung membuat pembelajaran menjadi monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan berlangsung dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan penggunaan model Problem Based Learning yang terdiri dari 5 fase yakni orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, teknik tes berupa pretest dan postest yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran serta angket untuk mengetahui bagaimana respon siswa tentang pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan sikap teliti siswa. Nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 42,86%, siklus II yaitu 62,86% dan siklus III yaitu 88,57%. Sikap teliti siswa pada siklus I yaitu 48,57%, siklus II yaitu 62,86% dan siklus III yaitu 85,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sindangpanon pada subtema manfaat makanan sehat dan bergizi. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran yang lainnya. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2017 02:28
Last Modified: 09 Sep 2017 02:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29122

Actions (login required)

View Item View Item