PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERDASARKAN INTERPRETASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS X SMK BINA INSAN BANGSA NGAMPRAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rima Yunita, 135030025 (2017) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERDASARKAN INTERPRETASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS X SMK BINA INSAN BANGSA NGAMPRAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
16 sampul.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK INGGRIS.docx.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi bertujuan agar peserta didik menggali kemampuan membaca secara cermat dan teliti. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: (1) Mampukah penulis me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan menggunakan model contexstual teaching and learning di kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah?; (2) Mampukah peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan tepat?; dan (3) Efektifkah model contexstual teaching and learning digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi pada siswa kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah? Adapun simpulan dari penelitian ini sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan model contexstual teaching and learning pada peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan rata-rata 3,89 dan hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran rata-rata 3,71. Adapun hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,80 dengan kategori nilai baik sekali. (2) Peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah, telah mampu menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sikap peserta didik serta hasil penilian pretes dan postes peserta didik. Nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata pretes yaitu 45,9 sedangkan nilai rata-rata postes 77,6. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 31,8. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas X TKJ-4 SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah mengalami peningkatan. (3) Model contexstual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi pada peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik thitung > ttabel (16,7 > 2,06) pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 25. Dengan demikian, model contexstual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi pada peserta didik kelas X SMK Bina Insan Bangsa Ngamprah. Kata kunci: Membaca, Teks Laporan Hasil Observasi, dan Model Contexstual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2017 02:19
Last Modified: 09 Sep 2017 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29121

Actions (login required)

View Item View Item