IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MATHEMATICAL MODELLING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA EKA JULIAR*

EKA JULIAR, NPM : 138060121 (2017) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MATHEMATICAL MODELLING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA EKA JULIAR*. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
ARTIKEL%20PBL%20Eka%20Jukiar_MPM.docx

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengkaji tentang, Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa dan perbedaan antara siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan matemathical modelling dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta hubungan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK PUI Cikijing yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari 7 kelas yang ada.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa, skala sikap, lembar observasi dan wawancara.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata yaitu Uji-t (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menerapkan strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan matemathical modellinglebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional 2)Peningkatan motivasi belajar siswa yang menerapkan strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan matemathical modellinglebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. 3) Terdapat hubungan antara kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa, 4) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan matemathical modelling Kata Kunci:Problem Based Learning (PBL) dengan matemathical modelling, Kemampuan koneksimatematis, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:53
Last Modified: 08 Sep 2017 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29119

Actions (login required)

View Item View Item