PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJARSISWA SMP

HIBA UTAMA, NPM : 148060053 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJARSISWA SMP. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel%20Jurnal%20%28HIBA%20UTAMA-148060053%29%20A.docx

Download (63kB)

Abstract

Hiba Utama. Penerapan Model Pembelajaran Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Open Ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar, mengkaji gambaran kemandirian belajar yang memperoleh model pembelajaran Open Ended dan konvensional, mengetahui korelasi diantara kemampuan komunikasi, pemahaman matematis, dan kemandirian belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalaheksprerimen semu (Quasi Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Nasional Bandung kelas VII, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan kelas VII E yang masing-masing terdiri dari 43 siswa. Dalam penelitian ini kelompok kelas eksperimen memperoleh model pembelajaran Open Ended dan kelas kontrol memperoleh model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa: Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh model pembelajaran Open Ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa dengan kategori tinggi dan sedang. Terdapat peningkatan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Open Ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswadengan kategori tinggi dan sedang. Tidak ada perbedaan kemandirian belajar siswa kelas Open Ended dengan kelas konvensional. Akan tetapi kalau dilihat dari rata-rata respon siswa terhadap pernyatan-pernyatan yang diberikan, di kelas Open Ended menunjukan rata-rata kemandirian belajar siswa positif atau tinggi, sedangkan rata-rata respon siswa terhadap pernyataan-peryataan yang diberikan, di kelas konvensional menunjukan rata-rata kemandirian belajar siswa negatif atau rendah.Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dengan pemahaman matematis siswa. Tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemandirian belajar siswa. Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: model pembelajarn Open Ended, model pembelajaran konvensional kemampuan komunikasi, pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa”.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:36
Last Modified: 08 Sep 2017 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item