PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU

Venita Yulianti, 135060012 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER .pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 .pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN Rancasawo 02, di temukan beberapa masalah pada proses pembelajaran siswa. Salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran pada tema tempat tinggalku dapat terungkap kurangnya sikap kerjasama siswa terhadap pembelajaran, hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih belum memuaskan. Diketahui hasil belajar siswa pada pada tema tempat tinggalku mencapai rata-rata 50,7%, nilai ini masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu 70. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus dimana yang menjadi subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 38 orang. Adapun instrumen yang digunakan sebagai berikut : (1) lembar observasi aktivitas guru/peneliti dan siswa, (2) Lembar Kerja Kelompok (LKK), dan tes berupa evaluasi hasil siswa ppretest dan postest. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada tema tempat tinggalku di kelas IV. Bedasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kerjasama siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 44,73%, rata-rata nilai kerjasama/kelompok yang diperoleh siswa sebesar 64,1, serta pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 63,15%, rata-rata nilai kelompok yang diperoleh siswa sebesar 70,7 dan pada siklus III nilai yang di peroleh siswa sebesar 89,47% rata-rata nilai kelompok yang diperoleh siswa sebesar 73,8 Hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan kerjasama dan hasil belajar dari siklus I sampai dengan siklus III berdasarkan dari pengolahan data dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rancasawo 02. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kerjasama dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:25
Last Modified: 07 Sep 2017 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29107

Actions (login required)

View Item View Item