“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA” (Penelitian Tindakan Kelas, di Kelas IV SDN Cicalengka 05)

Sinta Herlina, 135060279 (2017) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA” (Penelitian Tindakan Kelas, di Kelas IV SDN Cicalengka 05). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SINTA HERLINA 135060279.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSUNDA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SINTA HERLINA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SINTA HERLINA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SINTA HERLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SINTA HERLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SINTA HERLINA 135060279.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Team Avhievement Division (STAD) pada subtema kekayaan sumber energy di Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Cicalengka 05. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki hasil belajar kurang memuaskan dikarenakan guru kurang menguasai beberapa model pembelajaran, akibatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap model pembelajaran Student Team Avhievement Division (STAD). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, hasil tes, dan wawancara. Data hasil observasi yang terdiri dari kinerja guru dan kegiatan siswa, angket penilaian diri sikap percaya diri, peduli, tanggungjawab, pemahaman dan keterampilan berkomunikasi serta soal posttest dan pretest untuk mengukur keberhasilan pemahaman dalam subtema kekayaan sumber energy di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa dengan model pembelajaran Student Team Avhievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perencanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I 71%, siklus II 85% dan siklus III 95%, pelaksanaan pembelajaran siklus I 77%, siklus II 82%, siklus III 94%, sikap percaya diri pada siklus I 50% , siklus II 56% dan siklus III 87%, sikap peduli siklus I 46%, siklus II 73% siklus III mencapai 87%, sikap tanggung jawab siklus I 43%, siklus II 73% dan siklus III mencapai 80%, pemahaman siklus I 46%, siklus II 73% dan siklus III 90% dan keterampilan berkomunikasi siklus I 46% , selanjutnya pada siklus II mencapai 73% dan siklus III mencapai 90%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa peneran model Student Team Avhievement Division (STAD) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kekayaan sumber energy di Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penerapan model Student Team Avhievement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai salah satu alternative model pembelajaran untiuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema kekayaan sumber energy di Indonesia. Kata kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Hasil belajar,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2017 08:57
Last Modified: 06 Sep 2017 08:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29099

Actions (login required)

View Item View Item