PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII SMPIT ANNI’MAH ALKARIMAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IRMA SAFITRI, 135030028 (2017) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII SMPIT ANNI’MAH ALKARIMAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menyusun teks ulasan film ialah proses mengatur struktur yang dihasilkan dari sebuah analisis yang memuat tanggapan, tindakan, dan analisis terhadap suatu karya film secara baik. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah (1) Bagaimanakah kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write dikalangan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung dalam mengikuti pem-belajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write? (3) Apakah model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pra-eksperimen. Berdasarkan hasil analisis perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil evaluasi, penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write dikalangan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan film dari guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan pembelajaran penulis yaitu 3,9 dengan kategori (A), kemudian hasil pelaksanaan pembelajaran 3,98 dengan kategori (A). Artinya, penulis dianggap layak untuk melakukan penelitian. (2) Siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung, mampu dalam pembelajaran menyusun teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 36,80, sedangkan nilai rata-rata posttest 84,19. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah dalam pembelajaran menyusun struktur teks ulasan film dengan menggunakan model think talk write mengalami peningkatan sebesar 47,39 atau 18,2%. (3) Model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, diketahui t_hitung>t_tabel yaitu 20,6>2,06 dalam tingkat kepercayaan 95%, dengan derajat kebebasan 25. Oleh karena itu, model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun struktur teks ulasan film pada siswa kelas VIII SMPIT Anni’mah Alkarimah Bandung. Kata kunci: pembelajaran, menyusun, teks ulasan film, model pembelajaran think talk write.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:17
Last Modified: 06 Sep 2017 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item