KEGIATAN BELAJAR MEMBATIK MERUPAKAN POTENSI TAMBAHAN PENGHASILAN BAGI MASYARAKAT DESA WISATA GIRILOYO, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Umi Sumarsih, NPM. 158020028 and Promotor I, Dr. H. Yusuf Arifin, S. Si, MM and Promotor II, Dr. H. Horas Julius, (2017) KEGIATAN BELAJAR MEMBATIK MERUPAKAN POTENSI TAMBAHAN PENGHASILAN BAGI MASYARAKAT DESA WISATA GIRILOYO, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL UMI.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar membatik bagi wisatawan merupakan salah satu paket wisata yang disediakan oleh pengelola kawasan wisata Batik Tulis Giriloyo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi atau tambahan penghasilan bagi masyarakat dan anggota paguyuban batik tuulis di kawasan desa wisata Batik Tulis Giriloyo. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif, dimana data diambil dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Variabel tetap berupa jumlah kunjungan wisatawan yang belajar membatik, dengan variabel bebas meliputi jumlah pola, jumlah tenaga penyambut tamu, market, pemandu, dan jumlah tenaga kebersihan. Analisis data dilakukan berdasarkan rasio yang telah disepakati antara variabel tetap (jumlah wisatawan yang belajar membatik) dengan jumlah setiap variabel bebas (jumlah pola, jumlah tenaga penyambut tamu, market, pemandu, dan jumlah tenaga kebersihan). Hasilnya menunjukkan bahwa anggota paguyuban atau masyarakat dapat berperan aktif dalam kegiatan penerimaan wisatawan di kawasan Batik Tulis Giriloyo setiap bulan bisa menyerap tenaga sekitar (6-7) orang kerja setiap hari dengan penghasilan berkisar antara Rp 25.000,00 sampai dengan Rp 75.000.00 sesuai dengan jabatan yang diembannya. Hal ini merupakan suatu kontribusi yang besar dari usaha mengentaskan pengangguran di kawasan desa wisata Batik Tulis Giriloyo. Kata kunci: membatik, kontribusi, masyarakat, penghasilan, kawasan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:17
Last Modified: 21 Dec 2019 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29084

Actions (login required)

View Item View Item