PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-FALAH BANDUNG (Studi kasus pada peserta didik kelas XI IPA mata pelajaran akuntansi lintas minat sub materi buku besar, semester genap tahun ajaran 2016/2017)

SANTI, 135020070 (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-FALAH BANDUNG (Studi kasus pada peserta didik kelas XI IPA mata pelajaran akuntansi lintas minat sub materi buku besar, semester genap tahun ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Kper Skripsi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Santi. 2017. PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-FALAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA Mata Pelajaran Akuntansi Lintas Minat Sub Materi Buku Besar, Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di kelas XI IPA di SMA Al-Falah Kota Bandung. Berdasarakan hasil dari obeservasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu peneliti menemukan kesenjangan dalam proses pembelajaran Akuntansi di kelas XI IPA mata pelajaran lintas minat, karena mata pelajaran yang seharusnya ada dikelas XI IPS akan tetapi mata pelajaran tersebut harus ditempuh di kelas XI IPA, maka dari itu peserta didik merasa kurang paham dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi sub materi buku besar pada peserta kelas XI IPA di SMA Al- Falah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif asosiatif kausal. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA SMA Al- Falah Kota Bandung. Hipotesis penelitian berbunyi terdapat pengaruh pada penerapan pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray (tsts) terhadap pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah angket menggunakan Skala Likert yang berisiskan pertanyaan dan pernyataan mengenai pembelajaran yang dilakukan. Dari hasil penelitian yang dilakukan melalui tahapan-tahapan data statistik menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray (TSTS) berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 82,21%. (2) pemahaman belajar peserta didik XI IPA 81% berada pada kategori sangat tinggi. (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data yang yang menunjukan bahwa penerapan metode TSTS sebesar 63% pemahaman belajar peserta didik dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray (TSTS), dan 37% ditentukan oleh faktor lain. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar teknik TSTS dapat menjadikan peserta didik alternatif dalam pembelajaran akuntansi agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan, dan untuk sekolah bisa dijadikan alternatif untuk pelaksaanaan pembelajaran yang mendatang, bagi peneliti yang akan datang semoga menjadi bahan penelitian selanjutnya yitu dengan melakukan pengkajian pada subjek yang berbeda. Kata kunci: Metode TSTS, Pemahaman belajar peserta didik, Sub Materi Buku Besar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:40
Last Modified: 05 Sep 2017 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29079

Actions (login required)

View Item View Item