PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IVSDN Adiyasa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Pikri Arisandi, 135060144 (2017) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IVSDN Adiyasa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Adiyasa Jl. Yasaadi Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 40 orang.Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN Adiyasa, hal tersebut dikarenakan guru tidak memakai alat peraga komunikasi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkaan hasil belajar siswa melalui penggunaan Alat Peraga Komunikasi pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari pertemuan pertama dan pertemuan kedua.Dalam dua siklus tersebut dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga komunikasi.Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretest dan postestuntuk mengetahui hasil belajar siswa dan nontes untuk mengetahui sikap siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan alat peraga komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase peningkatan hasil belajar siswa, mulai dari nilai rata-rata pada siklus I yang memperoleh nilai6,83 atau sebanyak 17 siswa tuntas dari jumlah 40 orang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 8,6 atau sebanyak 38 siswa tuntas dari jumlah 40 orang. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi. Kata kunci : Alat Peraga Komunikasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:49
Last Modified: 05 Sep 2017 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29074

Actions (login required)

View Item View Item