Pikri Arisandi, 135060144 (2017) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IVSDN Adiyasa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Adiyasa Jl. Yasaadi Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 40 orang.Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN Adiyasa, hal tersebut dikarenakan guru tidak memakai alat peraga komunikasi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkaan hasil belajar siswa melalui penggunaan Alat Peraga Komunikasi pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari pertemuan pertama dan pertemuan kedua.Dalam dua siklus tersebut dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga komunikasi.Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretest dan postestuntuk mengetahui hasil belajar siswa dan nontes untuk mengetahui sikap siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan alat peraga komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase peningkatan hasil belajar siswa, mulai dari nilai rata-rata pada siklus I yang memperoleh nilai6,83 atau sebanyak 17 siswa tuntas dari jumlah 40 orang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 8,6 atau sebanyak 38 siswa tuntas dari jumlah 40 orang. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi. Kata kunci : Alat Peraga Komunikasi, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 02:49 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 02:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29074 |
Actions (login required)
View Item |