PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

Dinar Khoerunisa, 135060137 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover baru.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAKjadi-1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(fix).pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III(fix).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Ciranggon Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki hasil belajar yang kurang memuaskan, dikarenakan siswa belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tahap-tahap model contextual learning tipe make a match. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model contextual learning tipe make a match dapat meningkatkan sikap santun, peduli dan hasil belajar siswa. pada siklus I mencapa persentase sebesar 47,05% atau sebanyak 16 orang yang sudah memenuhi KKM, persentase yang diinginkan oleh peneliti sebesar 85% siswa yang tuntas, maka diadakan siklus II. Pada siklus II yang telah mencapai persentase 76,47% atau sebanyak 19 orang siswa yang sudah memenuhi KKM, sedangkan persentase yang diinginkan oleh peneliti sebesar 85% siswa yang tuntas, maka dari itu diadakan lagi siklus III. Pada siklus III yang telah mencapai persentase 94,11% atau 32 orang siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match mampu meningkatkan sikap santun, peduli dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model cooperative learning tipe make a match, Sikap santun, peduli dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:11
Last Modified: 04 Sep 2017 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29071

Actions (login required)

View Item View Item