PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA BUMI BAGIAN DARI ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Bumi dan Alam Semesta di kelas III SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung)

Diana Kartina, 135060053 (2017) PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA BUMI BAGIAN DARI ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Bumi dan Alam Semesta di kelas III SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Word Square dalam pembelajaran subtema bumi bagian dari alam semesta. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan, antara lain: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Di akhir setiap siklus dilaksanakan evaluasi dengan instrument yang telah disiapkan. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa kelas III sebelum dilakukan penelitian adalah 10 orang atau 37% siswa yang tuntas dan 17 orang atau 63% yang belum tuntas. Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Word Square pada siklus I dengan perolehan 26% untuk siswa yang tuntas dan siklus II mencapai 59% kemudian siklus III mencapai 85%. Untuk perolehan motivasi siswa pada siklus I yaitu 59,45%, siklus II 75,50% dan siklus III mencapai 86,27%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Word Square dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran, Student Team Achievement division, Word Sqaure, Motivasi, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Aug 2017 06:14
Last Modified: 31 Aug 2017 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29061

Actions (login required)

View Item View Item