PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN ( Studi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten )

: Willyz Widhy Wikarya, 044020206 (2010) PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN ( Studi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
JUDUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (30kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (248kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB 4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (49kB)
[img] Text
MOTTO.doc

Download (26kB)
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance adalah suatu penerapan prinsip-prinsip sistem yang mengatur, mengelola dan mengawasi proses pengendalian usaha untuk menaikkan nilai saham, sekaligus sebagai bentuk perhatian kepada stakeholders, karyawan, kreditor, dan masyarakat sekitar. Prinsip Good Corporate Governance yang diterapkan secara berkelanjutan akan menimbulkan dampak positif bagi perusahaan itu sendiri, khususnya tentang pemberian informasi material. Sedangkan pengungkapan dalam laporan keuangan merupakan penyajian informasi yang diperlukan untuk operasi optimal pasar modal yang efisien. Elemen pengungkapan tersebut disusun Bapepam dan Tim lain di Indonesia, dan didukung kementerian BUMN Ditjen pajak, Bapepam, Bank Indonesia, Jakarta Study Exchange, IAI. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik unuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan ( Disclosure )”, studi di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. Adapun masalah-masalah yang timbul dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan prinsip Good Corporate Governance PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten; Bagaimana pengungkapan laporan keuangan ( Disclosure ) PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten; Bagaimana pengaruh penerapan prinsip Good Corporate Governance terhadap pengungkapan laporan keuangan (Disclosure) PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif asosiatif, Dalam penelitian ini penulis mengemukakan hipotesis sebagai berikut : “apabila prinsip Good Corporate Governance diterapkan dengan baik maka akan berpengaruh terhadap pengungkapan Laporan Keuangan.” Berdasarkan hasil Koefisien Determinasi (Kd) dapat diketahui bahwa pengaruh prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap pengungkapan laporan keuangan sebesar 39,44%, artinya besarnya pengungkapan laporan keuangan dapat diterangkan oleh prinsip-prinsip Good Corporate Governance adalah sebesar sebesar 39,44%, dan sisanya 60,56% dijelaskan oleh faktor lain seperti biaya pinjaman (cost of debt), leverage, likuiditas, profitabilitas, porsi saham public, ukuran perusahaan, status perusahaan, umur perusahaan, operating profit margin, dan return on equity. Dari hasil-hasil penghitungan dapat diketahui bahwa nilai rs hitung adalah sebesar 0,628 nilai t hitung sebesar 2,552 dan nilai Koefisien Determinasi (Kd) sebesar 39,44%. Dari nilai-nilai tersebut dapat diketahui bahwa terdapat Pengaruh Penerapan prinsip Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan (disclosure), yang berarti hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2004
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:41
Last Modified: 31 Aug 2017 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29056

Actions (login required)

View Item View Item