PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA

Iis Karlina, 135060175 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Bahasa Indonesia).pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Bahasa Inggris).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Bahasa Sunda).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar angket dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.Pada peningkatan sikap percaya diri, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 66,7% dengan kategori perlu bimbingan, pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 76,7% dengan kategori cukup, dan pada siklus III siswa ya ng memperoleh ketuntasan sebesar 83,3% dengan kategori baik.Pada hasil belajar siswa terdiri dari tiga ranah yaitu ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada ranah pengetahuan pada siklus I presentase ketuntasan siswa sebesar 53,3% dengan kategori perlu bimbingan, pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 66,7% dengan kategori perlu bimbingan dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 83,3% dengan kategori baik. Pada ranah sikap, pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 56,7% dengan kategori perlu bimbingan, pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 66,7% dengan kategori perlu bimbingan, pada siklus III persentase ketuntasan siswa sebesar 83,3% dengan kategori baik. Pada ranah keterampilan, pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 60% dengan kategori perlu bimbingan, pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 76,7% dengan kategori cukup, dan pada siklus III, persentase ketuntasan siswa sebesar 86,6% dengan kategori baik. Dari penelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapadasubtemapelestariankekayaansumbe rdayaalam di Indonesia kelas IV SDN Cipaku 2 dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci :Discovery Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 31 Aug 2017 05:08
Last Modified: 31 Aug 2017 05:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item View Item