PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MASALAH SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Adiyasa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung)

YAYU NUR ANGGRAENI, 135060135 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MASALAH SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Adiyasa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Adiyasa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 40 orang siswa. Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN Adiyasa Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Pada pembelajaran IPS tentang Masalah Sosial, yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah sumber belajar yang hanya terpaku pada buku saja, kurangnya kreatifitas guru dalam memilih metode dan model pembelajaran, proses pembelajaran hanya berpusat pada guru (Teacher Centered) tanpa melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar, siswa cenderung tidak aktif dalam proses kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa pun rendah. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Adiyasa dengan penerapan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pelaksaan tindakan penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non tes, non tes yang yang terdiri dari observasi dan angket sedangkan tes yaitu hasil belajar. Penilaian motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 66,28% dan siklus II memperoleh presentase 87,2%. Selanjutnya penilaian hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 62,5% atau sebanyak 25 siswa tuntas dan pada siklus II memperoleh presentase 92,5% atau sebanyak 37 siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada pembelaran IPS materi masalah sosial dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Aug 2017 08:03
Last Modified: 30 Aug 2017 08:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item