PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Lintas Minat X MIA-2 di SMA Kartika XIX-1 Bandung)

SELLY APRILIA PUTRI, 135020108 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Lintas Minat X MIA-2 di SMA Kartika XIX-1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kelas Lintas Minat X MIA 2 SMA Kartika XIX-1 Bandung yang beralamat di Jalan Taman Pramuka No 163 Cihapit Bandung Wetan Kota Bandung Jawa Barat, dengan judul penelitian “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Lintas Minat X MIA 2 SMA Kartika XIX-1 Bandung)”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pelajaran ekonomi SMA Kartika XIX-1 Bandung, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, sejauh mana besar pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Untuk membahas perumusan tersebut diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen, dengan teknik pengumpulan data:pre test, dan post test. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan data yang diperoleh diperoleh angka R sebesar 0,570. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar. Besar kontribusi yang diberikan oleh variabel model pembelajaran discovery learning dilihat dari R Square. Berdasarkan tabel di atas diperoleh R Square 0,325 yang berarti pengaruh model discovery learning sebesar 32,5% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di dalam maupun di luar diri siswa dan lingkungan belajarnya. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada SMA Kartika XIX-1 Bandung agar dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan media-media pembelajaran yang dianggap efektif dan efisien agar proses belajar mengajar tidak monoton dan tidak terjadi kejenuhan terhadap peserta didik dan dapat melatih daya ingat, pemahaman, meningkatkan keterampilan, keaktifan peserta didik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi, Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:56
Last Modified: 30 Aug 2017 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29045

Actions (login required)

View Item View Item