PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 8 Subtema 3 Pada Siswa Kelas IV SDN Baranang Siang Kabupaten Bandung)

Aprilia Murtika Dewi, 135060229 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 8 Subtema 3 Pada Siswa Kelas IV SDN Baranang Siang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB III.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Baranang Siang Kabupaten Bandung. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN Baranang Siang yang tidak aktif didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah atau konvensional yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, sedangkan dengan model pembelajaran yang lain khususnya Discovery Learning belum pernah di laksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran de ngan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sikap kerjasama 17,2% peserta didik tuntas dengan kategori kurang,siklus II 46,6% kategori kurang namun meningkat, sedangkan siklus III 96,6% kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sangat menunjang terhadap peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Tempat Tinggalku kelaS IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Discovery Learning kerjasama, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:52
Last Modified: 30 Aug 2017 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29044

Actions (login required)

View Item View Item