ENDAH PERMATASARI, 135060222 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTU MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Pa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipagalo 2 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (613kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
dp pdf.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya diri siswa dan siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Sehingga rata-rata hasil belajar siswa subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN Cipagalo 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, rasa percaya diri, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 02:44 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29042 |
Actions (login required)
View Item |