IDENTIFIKASI PERSEPSI DAN PREFERENSI WISATAWAN DAN PENGUSAHA DI KAWASAN WISATA TERPADU BOJONGSARI -KABUPATEN INDRAMAYU

Eko Yulianto, 0060002 and Idah Uziadanisah, 0360032 and Firmansyah, Dosen PWK Unpas and Zulphiniar Priyandoko, DS (2008) IDENTIFIKASI PERSEPSI DAN PREFERENSI WISATAWAN DAN PENGUSAHA DI KAWASAN WISATA TERPADU BOJONGSARI -KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Proyek Akhir.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kawasan Wisata Terpadu Bojongsari merupakan kawasan objek wisata yang sudah berkembang yang terletak di Kabupaten Indramayu dan dijadikan sebagai objek wisata rekreasi dan dibuka untuk umum sehingga pada tahun 2004 dapat menyerap wisatawan sebanyak 84.383 orang. Di lihat dari ketersediaan fasilitas wisata yang ada di Kawasan wisata Terpadu Bojongsari tidak sesuai dengan jumlah wisatawan yang datang, tidak memadainya ketersediaan fasilitas wisata ini menunjukan adanya ketidaksesuaian antara sediaan dan permintaan produk wisata. Oleh sebab itu studi ini bertujuan untuk menghasilkan suatu gambaran tentang persepsi dan preferensi wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Wisata Terpadu Bojongsari sehingga menghasilkan penilaian terhadap sisi sediaan dan permintaan mengenai fasilitas wisata yang ada di objek wisata terpadu Bojongsari. Sediaan produk wisata di peroleh melalui identifikasi terhadap komponen produk wisata yang meliputi; objek wisata, fasilitas wisata seperti (akomodasi, tempat makan dan minum, tempat belanja dan cinderamata dan aksesibilitas) sedangkan identifikasi permintaan di peroleh dengan menghitung proporsi permintaan wisatawan terhadap produk wisata dengan menggunakan tabel frekuensi. Sisi permintaan di bagi menjadi tiga bagian yaitu karakteristik sosial-ekonomi, karakteristik perjalanan wisatawan, serta perilaku persepsi dan preferensi wisatawan terhadap produk wisata. Hasil identifikasi sisi sediaan dan sisi permintaan tersebut dikaji keterkaitannya antara variabel karakteristik sosial-ekonomi dan perjalanan wisatawan dengan persepsi dan preferensi wisatawan sehingga dapat diketahui mana kondisi yang belum sesuai dengan permintaan wisatawan untuk dikembangkan atau telah sesuai dengan permintaan wisatawan sehingga hanya diperlukan peningkatan kualitas produk wisata tersebut. dengan mengacu pada penilaian inilah diperoleh gambaran persepsi dan preferensi wisatawan terhadap fasilitas wisata dan berusaha untuk meningkatkan kesesuaian antara penyediaan dan permintaan terhadap fasilitas wistaa di objek wisata. Selain dari sisi wisatawan studi ini juga didasarkan pada sisi pengusaha karena dalam industri pariwisata, sisi pengusaha berperan penting karena terlibat secara langsung dalam pengelolaan. Tidak berbeda dengan sisi wisatawan, di sisi pengusaha juga di identifikasi terlebih dahulu tentang karakteristik pengusaha yang ada, dan dilanjutkan dengan analisis tentang persepsi dan preferensi pengusaha yang didasarkan pada variabel yang telah ditentukan sebelumnya. Dari hasil analisis tersebut maka didapatkan gambaran persepsi dan preferensi pengusaha dalam pengembangan kawasan wisata terpadu Bojongsari. Dari hasil studi yang dilakukan didapatkan rekomendasi dalam arahan pengembangan kawasan wisata terpadu Bojongsari adalah sebagai berikut : 1.Pengembangan jenis obyek dan daya tarik wisata. 2. Pembangunan tempat parkir, 3.Penataan bangunan, 4. Meningkatkan informasi dan promosi, 5. Kebijakan untuk mempergunakan tenaga kerja lokal, 6. Pembinaan terhadap masyarakat dan pengusaha atau pengelola lokal, 7. Pembangunan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2008
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:08
Last Modified: 29 Aug 2017 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29005

Actions (login required)

View Item View Item