JUDUL : KAJIAN KOMPETENSI KINERJA PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 5 LEMBANG. (PENELITIAN PADA GURU SMP NEGERI 5 LEMBANG BANDUNG BARAT).

TUTI JUARIAH, NPM : 158020060 (2017) JUDUL : KAJIAN KOMPETENSI KINERJA PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 5 LEMBANG. (PENELITIAN PADA GURU SMP NEGERI 5 LEMBANG BANDUNG BARAT). Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Tuti Juariah.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SMPN 5 Lembang tentang kompetensi kinerja guru pada pedagogik guru IPS, bahwa sebagian guru belum memahami pedagogik guru maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana pemahaman pedagogik guru. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil wawancara sebagian guru IPS membuat perencanaan. Adapun kesulitan yang ditemui guru IPS terkait format yang selalu berubah dan juga pemilihan model dan media pembelajaran. Sebagian besar guru IPS dapat menyusun bahan ajar secara runut adapun yang belum hanya sebagian komponen saja menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan. Semua guru IPS dapat menguasai materi pelajaran yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran. Dalam merencanakan pembelajaran yang efektif sebagian besar guru IPS melaksanakannya disesuaikan dengan situasi. Semua guru IPS selalu memanfaatkan media dan sumber belajar yang ada, walaupun disesuaikan dengan ketersediaan media dan materi yang diajarkan. Sebagian guru IPS melakukan refleksi pembelajaran sebagai upaya untuk mengevaluasi pembelajaran. Adapun yang tidak melakukan disesuaikan dengan materi dan kondisi di lapangan. Sebagian guru IPS melaksanakan evaluasi pembelajaran sebagai upaya untuk mengukur efektifitas pembelajaran. Adapin yang tidak melaksanakan menyesuaikan dengan kondisi dan waktu yang tersedia. Dari hasil penelitian di SMPN 5 Lembang bahwa pada guru mata pelajaran IPS berkesimpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari segi kompetensi pedagogik berada dalam kategori cukup baik. Hambatannya yaitu kesulitan dalam menghapal nama siswa secara keseluruhan, kurangnya keterampilan dalam penggunaan metode pembelajaran , keterbatasan sarana dan prasarana. Pemahaman guru tentang pentingnya kinerja pedagogik guru di SMPN 5 Lembang untuk mencapai kompetensi lulusan tingkat satuan pendidikan. Upaya yang harus ditingkatkan guru IPS di SMPN 5 Lembang yaitu menghapal siswa satu persatu dengan cara membagikan hasil ulangan, mengikuti MGMP untuk diskusi dengan teman guru yang lainnya dalam menggunakan pembahasan dan kelayakan materi. Guru menggunakan media pembelajaran untuk mengatasi sarana dan prasarana sekolah. Kata kunci : kinerja guru, kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:49
Last Modified: 29 Aug 2017 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28990

Actions (login required)

View Item View Item