PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA

Dinar Ariyanti, 135060136 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB 2.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.BAB 3.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
15.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN Girimukti 3 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, ditemukan beberapa masalah pada proses pembelajaran siswa. Salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Dapat terungkap kurangnya sikap percaya diri siswa terhadap pembelajaran, hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih belum memuaskan. Diketahui hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia mencapai rata-rata 36,84%, nilai ini masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu 70. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus dimana yang menjadi subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 38 orang. Adapun instrumen yang digunakan sebagai berikut: (1) lembar observasi aktivitas guru/peneliti, (2) lembar angket sikap percaya diri, (3) Lembar Kerja Kelompok (LKK) (4) dan lembar hasil Presetes dan Postest siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia pada kelas IV SDN Girimukti 3 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Bedasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa. Pada siklus 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 36,84%, rata-rata nilai siklus II 52,63%, serta pada siklus III rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 86,84%. Hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar dari siklus I sampai dengan siklus III berdasarkan dari pengolahan data dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Girimukti 3 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Helajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:32
Last Modified: 29 Aug 2017 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item