Friska Astriansah, 135060209 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cibaduyut 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Friska.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Friska.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Friska.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Friska.pdf Download (873kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Friska.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V Friska.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka Friska.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional dimana pada saat proses pembelajaran hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN Cibaduyut 1 Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. PTK ini berlangsung dalam III siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perencanaan dan pelaksanaan yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Selain itu model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, pemahaman, keterampilan, dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh persiklusnya: pertama, adanya peningkatan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (siklis I 68%, siklus II 78% dan siklus III mencapai 89%); kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 68%, siklus II 78%, dan siklus III mencapai 91%); ketiga, peningkatan sikap percaya diri (siklus I 32%, siklus II 67%, dan siklus III mencapai 90%); keempat, sikap peduli (siklus I 39%, siklus II 71%, dan siklus III mencapai 82%); kelimat, peningkatan sikap tanggung jawab (siklus I 50%, siklus II 75%, dan siklus III mencapai 90%); keenam, peningkatan pemhaman (siklus I 57%, siklus II 78%, dan siklus III 90%); ketujuh, peningkatan keterampilan berkomunikasi (siklus I 57%, siklus II 78%, dan siklus III mencapai 90%); kedelapan, adanya peningkatan hasil belajar siswa. Maka, penggunaan model discovery learning ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran khususnya untuk di Sekolah Dasar. Kata kunci : Discovery Learning dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 08:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 08:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28980 |
Actions (login required)
View Item |