PENGARUH MEDIA FILM TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 27 BANDUNG (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema Koperasi Kelas X IIS 5 SMAN 27 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

DINTA OCTAVIANTI DAMASTARI, 135020053 (2017) PENGARUH MEDIA FILM TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 27 BANDUNG (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema Koperasi Kelas X IIS 5 SMAN 27 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
2. COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-2.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-3.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Media Film Terhadap Pemahaman Materi Ajar Peserta Didik Di SMAN 27 Bandung (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 5 SMAN 27 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan media film dan pemahaman materi ajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi koperasi kelas X IIS 5 di SMAN 27 Bandung (2) mengetahui pengaruh media film terhadap pemahaman materi ajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi koperasi kelas X IIS 5 di SMAN 27 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Untuk membahas perumusan tersebut di atas, penulis menggunakan metode survei,dengan teknik pengumpulan data: angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 5 di SMAN 27 Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian berbunyi “Penerapan media film besar pengaruhnya terhadap pemahaman materi ajar peserta didik pada pembelajaran sub tema koperasi tahun ajaran 2016/2017 kelas X IIS 5 SMAN 27 Bandung”. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh antara variabel x dan variabel y sebesar 0,249 atau 24,9%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel x dan variabel y maka digunakan analisis regresi linier sedehana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y= 13,489+0,605 X artinya bahwa setiap media pembelajaran dengan menggunakan media film bertambah 13,489 maka pemahaman materi ajar meningkat sebesar 0,605. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Media Film) terhadap Variabel Y (Pemahaman Materi Ajar Peserta Didik), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 24,9% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti guru, lingkungan sekolah dan lainnya. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir peneliti penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran dengan menggunakan media film terutama untuk pembelajaran materi ekonomi, kepada para praktisi atau peneliti lain di bidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan media pembelajaran dan metode yang berbeda sehingga diperoleh sebagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada tema bahasan selanjutnya. Kata Kunci: Media Film. Pemahaman Materi Ajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:42
Last Modified: 28 Aug 2017 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28963

Actions (login required)

View Item View Item