Mia Arbawanti, 135020019 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ING.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Akivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui gambaran lingkungan sekolah pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. 2) mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. 3) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa cukup sebesar 0,180 atau 18%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan perhitungan Y = 50,114 + 0,312 X artinya bahwa setiap lingkungan sekolah bertambah sebesar 50,114 maka aktivitas belajar meningkat sebesar 0,312. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah (variabel X) terhadap aktivitas belajar siswa (Variabel Y) dilihat dari R square sebesar 0,180 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 0,180 x 100% = 18%. Kesimpulan hipotesis penelitian bahwa tidak hanya lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa, karena terdapat beberapa faktor lain yang dapat lebih mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Penulis menyampaikan saran kepada sekolah dan guru agar keadaan lingkungan sekolah dapat lebih diperhatikan, karena keadaan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi aktivitas siswa. dan penulis menyarankan kepada siswa agar dapat lebih meningkatkan keaktifannya pada saat aktivitas belajar berlangung. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 06:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 06:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28954 |
Actions (login required)
View Item |