PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG

Mia Arbawanti, 135020019 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ING.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Akivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui gambaran lingkungan sekolah pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. 2) mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. 3) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa cukup sebesar 0,180 atau 18%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan perhitungan Y = 50,114 + 0,312 X artinya bahwa setiap lingkungan sekolah bertambah sebesar 50,114 maka aktivitas belajar meningkat sebesar 0,312. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah (variabel X) terhadap aktivitas belajar siswa (Variabel Y) dilihat dari R square sebesar 0,180 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 0,180 x 100% = 18%. Kesimpulan hipotesis penelitian bahwa tidak hanya lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa, karena terdapat beberapa faktor lain yang dapat lebih mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Penulis menyampaikan saran kepada sekolah dan guru agar keadaan lingkungan sekolah dapat lebih diperhatikan, karena keadaan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi aktivitas siswa. dan penulis menyarankan kepada siswa agar dapat lebih meningkatkan keaktifannya pada saat aktivitas belajar berlangung. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:01
Last Modified: 28 Aug 2017 06:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28954

Actions (login required)

View Item View Item