Widanengsih, 135060013 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester II SDN Cimaranggi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABTRAK.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cimaranggi. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar peserta didik karena guru selalu menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model – model pembelajaran yang lain khususnya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) belum pernah digunakan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus pada peserta didik kelas IV SDN Cimaranggi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung sebanyak 31 orang dengan topik yang diajarkan adalah Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 32%, artinya hanya 10 orang dari 31 peserta didik yang tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 58%, artinya jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 18 orang dari 31 peserta didik. Dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu jumlah peserta didik yang tuntas mencapai 94%, artinya 29 orang dari 31 peserta didik yang tuntas. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini dapat dijadikan model alternatif yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 04:41 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 04:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28951 |
Actions (login required)
View Item |