PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CHANGE OF PAIRS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Kerjasama Ekonomi Internasional di Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 26 Bandung)

RIDWAN ANGGA KUSUMA, 135020116 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CHANGE OF PAIRS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Kerjasama Ekonomi Internasional di Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 26 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Change of Pairs Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Sub Tema Kerjasama Ekonomi Internasional di Kelas XI IIS 2 SMAN 26 Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran change of pairs dan keaktifan belajar siswa di kelas XI IIS 2 di SMAN 26 Bandung. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan metode pembelajaran change of pairs terhadap keaktifan belajar siswa di kelas XI IIS 2 pada sub tema kerjasama ekonomi internasional mata pelajaran ekonomi di SMAN 26 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat ekplanasi asosiatif kausal. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi dengan tehnik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran change of pairs terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21.0. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis tersebut menunjukan bahwa dengan hasil setiap kenaikan pada metode pembelajaran change of pairs sebesar 10,441 maka keaktifan belajar meningkat sebesar 0,863. Hasil olah data memperlihatkan terdapat pengaruh metode pembelajaran change of pairs terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 26 Bandung sebesar 72,4% dan 27,6% ditentukan oleh faktor lain. Hasil pembahasan memperlihatkan faktor utama yang berpengaruh yang mempengaruhi variabel Y berasal dari indikator variabel X. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian diatas hipotesis penelitian dapat teruji. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran change of pairs adalah alternatif metode yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Change of Pairs, Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:33
Last Modified: 28 Aug 2017 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item View Item