AULIA ARTANING TYAS, 135060099 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SDN Cipagalo 1 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
1. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SDN di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 27 siswa pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1). Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 28% dan hasil belajar mencapai 26%. Pada siklus II peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 31% dan hasil belajar mencapai 85%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 56% dan hasil belajar mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penelitian ini bahwa model discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Kata kunci: Model Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 03:56 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28939 |
Actions (login required)
View Item |