KARLINA HARDIANA, 135060057 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas ini Dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Cikandang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover skripsi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
C2. ABSTRAK INDO.id.su.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
C. ABSTRAK INDO.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
1. BAB I READY.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB II READY.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB III READY.pdf Download (728kB) | Preview |
|
Text
4. BAB IV READY.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
||
Text
5. BAB V READY.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Hasil pengamatan awal hasil belajar peserta didik pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia oleh siswa kelas IV SD masih tergolong rendah yang ditunjukan dengan skor 40. Kondisi tersebut disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah di salah satu kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, tepatnya di jalan Simpang - Parakanmuncang masih bersifat satu arah, sehingga peserta didik bersikap pasif khususnya berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan: (1) rancangan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajara peserta didik pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. (2) pelaksanaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Dan (3) deskripsi peningkatan perkembangan hasil belajar dengan menerapkan model Problem Based Learning peserta didik pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti merancang perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, LKS, pre-test dan post-test setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatas akstivitas pembelajaran yang dilakukan guru maupun peserta didik. Pada siklus I skor rata-rata mencapai 50%, kemudian pada siklus II skor rata-rata mecapai 73% dan pada siklus III skor ratarata mencapai 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 03:41 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28934 |
Actions (login required)
View Item |