PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBIASAAN MAKANKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A2 SD Negeri Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Sumaningrum Pratiwi, 135060062 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBIASAAN MAKANKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A2 SD Negeri Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BaB V FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IV A2 SD Negeri Asmi Bandung menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan sebagian siswa kurang memahami materi yang disampaiakan oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebiasaan makanku di kelas IV A2 SD Negeri Asmi Bandung. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu model discovery learning yang dianggap mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu berupa penelitian tindakan kelas, karena penelitian yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran didalam kelas. dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A2 SD Negeri Asmi yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai ratarata kelas pada siklus 1 aspek kognitif mencapai 69,9 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 50%, aspek afektif 2,39 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 47%, dan aspek psikomotor 2,58 dengan pencapaian nilai KKM 41,2%. Pada siklus II terjadi peningkatan, nilai rata-rata kelas aspek kognitif meencapai 72,6 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 70%, aspek afektif 2,66 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 73,5% dan aspek psikomotor 2,93 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 85,3%. Pada Siklus III hasil belajar siswa melebihi target yang telah ditetapkan dan mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya, nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif mencapai 89,6 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 85%, aspek afektif 3,10 dengan pencapian nilai KKM sebanyak 100%, dan aspek psikomotor 3,27 dengan pencapaian nilai KKM 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebiasaan makanku di kelas IV A2 SD Negeri Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Berkaitan dengan hasil penelitian ini, guru hendaknya mengkaji model pembelajaran tersebut dan membuat perencanaan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, sehingga dalam pelaksanaan berjalan sesuai yang di harapkan. Kata Kunci: Discovery learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:29
Last Modified: 28 Aug 2017 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

View Item View Item