PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Dadang Yahya, NPM : 148060006 (2017) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel_Dadang%20Yahya_ok.docx

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method The Embedded Design dengan desain kelompok kontrolnon-ekivalen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol pada kelas VIII semester genap di SMPN 1 Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes koneksi dan pemecahan masalah matematis serta angket skala motivasi belajar. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample T-Test, uji Mann Whitney U, uji ANOVA dua jalur dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problemlebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional ditinjau dari keseluruhandan dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (unggul dan asor). (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problemlebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional ditinjau dari keseluruhandan dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (unggul dan asor). (3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan koneksi matematis, pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. (4) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem pada pembelajaran matematika adalah positif. Kata kunci: pendekatan open-ended problem, koneksi matematis, pemecahan masalah matematis, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:59
Last Modified: 28 Aug 2017 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28914

Actions (login required)

View Item View Item