Yudi Latip, 135060032 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Rancasawo 03). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
01 COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
10 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
09 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
08 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
17 BAB II.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text
18 BAB III.pdf Download (830kB) | Preview |
|
Text
19 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
20 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
|
Text
21 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar terhadap siswa sangat beraneka ragam, di mulai dari penggunaan model yang kurang tepat,kurang aktif nya siswa dalam belajar sampai dengan rendah nya hasil belajar siswa . Untuk menjawab semua permasalahan-permasalahan yang terjadi maka seorang guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan sistem siklus pada sistem siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 3 siklus dalam tiap siklus nya terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan model problem based learning. Adapun tujuan umum dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model problem based learning dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar.dan mencapai hasil belajar yang baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I dengan rata-rata nilai 54,13, siklus II dengan rata-rata nilai 63,10 dan pada siklus III dengan rata-rata nilai 90,68. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah, dengan menggunakan model problem based learning pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku dapat meningkatkan hasil belajar Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Aug 2017 02:40 |
Last Modified: | 26 Aug 2017 02:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28908 |
Actions (login required)
View Item |