DESTIA DEWI, 135060041 (2017) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Tema 08 Tempat Tinggalku Subtema 02 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN Margasari 01 Kecamatan Buahbatu Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (804kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Margasari 01 Kec. Buahbatu Kota Bandung bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada tema tempat tinggalku subtema keunikan daerah tempat tinggalku masih berjalan secara monoton dan kurang optimal, hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu guru kelas IV kurang memahami model pembelajaran dalam kurikulum 2013 dan guru masih menggunakan model konvensional yaitu berupa ceramah. Siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran karena siswa bukan lagi menjadi subjek pembelajaran melainkan menjadi objek yang pasif. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada tema tempat tinggalku subtema keunikan daerah tempat tinggalku dengan menggunakan model inkuiri,sedangkan bagi guru dalam pelaksanaan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil observasi aktivitas belajar siswa setiap siklusnya, dimana pada siklus I memperoleh nilai sebesar 70,23%. Pada siklus II mendapatkan nilai sebesar 75,8%, dan siklus III mengalami peningkatan yang cukup signifikasi sebesar 85%. Sedangkan untuk hasil belajar ranah kognitif (pengetahuan) yang diperoleh dari hasil evaluasi pada siklus I memperoleh persentase kelulusan sebesar 63%. Pada siklus II sebesar 77,1%, dan pada siklus III memperoleh persentase kelulusan sebesar 91,4%. Pada saat pelaksanaan pembelajaran siswa menunjukan hasil yang positif terhadap pembelajaran tema tempat tinggalku sub tema keunikan daerah tempat tinggalku dengan menggunakan model inkuiri. Hal tersebut terlihat dari keikutsertaan siswa terhadap beragam kegiatan pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri pada tema tempat tinggalku sub tema keunikan daerah tempat tinggalku dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri Margasari 01 Kec. Buahbatu Kota Bandung. Kata kunci : Inkuiri, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Aug 2017 01:33 |
Last Modified: | 26 Aug 2017 01:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28904 |
Actions (login required)
View Item |