MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN Kertamulya I Kabupaten Indramayu)

Dessy Lisdiana, 135060123 (2017) MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN Kertamulya I Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I A.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I B.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II A.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II B.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III A.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III B.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
BAB IV A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Kertamulya I Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang memuaskan, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan. Dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tahap-tahap model discovery learning. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai yaitu 3,17 menjadi nilai 3,57, sikap percaya diri pada siklus I sampai siklus III yaitu 57,14% menjadi 82,14%, selanjutnya hasil belajar siklus I sampai siklus III, hasil belajar siswa yaitu 46,42 % menjadi 89,2 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model discovery learning mampu meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Kertamulya I. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Aug 2017 08:04
Last Modified: 25 Aug 2017 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28898

Actions (login required)

View Item View Item