Fitria Amini Chairani, 135060132 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sukakerti I Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang Tahun pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggirs.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (736kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukakerti I Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model Problem Based Learning. Pengumpulan data menggunakan hasil tes dan angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 52,94% sampai dengan 88,23%, sikap percaya diri pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 40,14 menjadi 70,73%, sikap peduli pada siklus I sampai siklus III yaitu 40,44% menjadi 70,84%, dan sikap tanggung jawab pada siklus I sampai siklus III memperoleh 40,90% menjadi 80,06%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 07:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28896 |
Actions (login required)
View Item |