DINA GINAWATI, 135060125 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN 1 Dangdeur Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER NEW.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dengan judul penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SD Negeri 1 Dangdeur, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Dangdeur pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Hal ini ditujukan dengan nilai rata-rata belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa tidak lepas dari rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, dari hasil observasi terhadap siswa kelas IV di SD Negeri 1 Dangdeur dapat diketahui pemahaman siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih satu arah dan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, serta mempengaruhi aktivitas belajarnya kurang optimal. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, penilaian sikap dan angket. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, pada siklus I hasil postes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 48,88%, pada siklus II meningkat dari hasil sebelumnya yaitu memperoleh skor dengan persentase rata-rata 77,77%, dan pada siklus III lebih meningkat dari hasil sebelumnya memperoleh skor dengan persentase rata-rata 95,55%. Selain itu keaktifan belajar siswa pun mengalami peningkatan dengan rentang skala persentase 0-100%. Disiklus I keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 78,4%, disiklus II mengalami peningkatan persentase menjadi 80,8%, dan siklus III hasilnya lebih meningkat menjadi 85,15%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia, keaktifan, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 07:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28891 |
Actions (login required)
View Item |