Tri Maya Sari, 135060231 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 8 Keselamatan Di Rumah Dan Perjalanan Subtema Aturan Keselamatan Di Rumah Pada Kelas II SDN 2 Cipagalo Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9 ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text
16 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas II SDN Cipagalo 2 yang tidak aktif dan kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah konvensional yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan , sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model discovery learning ini belum pernah dilaksanakan penelitian untuk menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan,observasi, analisi s dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning dalam pembelajaran tematik pada subtema aturan keselamatan di rumah. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas II SDN Cipagalo 2 kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik . hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sikap tanggung jawa b 66,2% kategori kurang, siklus II 69,3% kategori kurang, dan siklus III 81,3% kategori baik. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I 34,4% kategori kurang, siklus II 57,6% kategori kurang, sedangkan siklus III 88,4% kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning menunjang terhadap peningkatan sikap tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik pada subtema aturan keselamatan di rumah kelas II sekolah dasar. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci : Model pembelajaran Discovery Learning sikap tanggung jawab dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 07:26 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28886 |
Actions (login required)
View Item |