PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A SDN 086 Cimincrang)

DIAN NURDIANI SUDRAJAT, 135060169 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A SDN 086 Cimincrang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pada siswa kelas IV A SDN 086 Cimincrang dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning tipe numbered heads together. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu kurang kreatifnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan siswa kurang memahami materi yang telah disampaikan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning tipe numbered heads together juga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan aspek psikomotor peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 89%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69 (cukup), siklus II sebesar 72 (baik), dan siklus III sebesar 79 (baik). Serta peningkatan sikap peduli lingkungan dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 57%, siklus II sebesar 71%, dan siklus III sebesar 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68 (cukup), siklus II sebesar 75 (baik), dan siklus III sebesar 78 (baik). Peningkatan aspek psikomotor dari setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 68%, dan siklus III sebesar 82%. Nilai ratarata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68, siklus II sebesar 72, dan siklus III sebesar 76. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar, sikap peduli lingkungan dan aspek psikomotor siswa pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Tipe Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:08
Last Modified: 25 Aug 2017 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item