PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia dan Lingkungan SDN Sukamaju Kabupaten Bandung Barat)

Ririani Pebrianti Basri, 135060243 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia dan Lingkungan SDN Sukamaju Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR-ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II-KAJIAN-TEORI-DAN-KERANGKA-PEMIKIRAN.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-III-METODE-PENELITIAN.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Sukamaju Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan RPP sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan sintak PBL, selain itu model PBL dapat meningkatkan sikap kerjasama, sikap teliti, sikap percaya diri, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 68% siklus II 79% dan siklus III 91 %). Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 70% siklus II 78% dan siklus III 88%). Ketiga, adanya peningkatan sikap kerjasama (siklus I mencapai 47% siklus II 65% dan siklus III 82%). Keempat, adanya peningkatan sikap teliti (siklus I mencapai 50% siklus II 68% dan siklus III mencapai 85%). Kelima, adanya peningkatan sikap percaya diri (siklus I mencapai 50% siklus II 71% dan siklus III 82%). Keenam, adanya peningkatan kognitif atau pemahaman siswa (siklus I mencapai 47% siklus II 74% dan siklus III 88%). Ketujuh, adanya peningkatan keterampilan (siklus I mencapai 47% siklus II 68% dan siklus III 82%). Kedelapan, adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:44
Last Modified: 25 Aug 2017 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item View Item