PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Pelestarian Lingkungan )

Tardi Ade Heryana, 135060219 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Pelestarian Lingkungan ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II revisi.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III revisi 2.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada tema 9 lingkungan sahabat kita subtema pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 130 Batununggal Sekelimus dan dilatar belakangi oleh keadaan peserta didik yang kurang menunjukan hasil belajar dan sikap percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih menggunakan metode konvesional yaitu metode ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari 3 siklus. Dari perencanaan, pelaksanaan, obsesrvasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, dengan menggunakan model Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pemrosesan data/pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan berupa tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan lembar observasi untuk mengetetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran dan sikap percaya diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pretest postest dan lembar kerja peserta didik, sedangkan sikap percaya diri menggunakan observasi dan keterampilan. Untuk nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pretest dan postest pada siklus ke I yaitu 66 sedangkan pada siklus ke II yaitu 67, dan siklus ke III nilai rata-rata yang diperoleh 88. Untuk sikap percaya diri pada siklus ke I nilai rata-rata 72,68, sedangkan siklus ke II 74,50, dan siklus ke III 82,09..hal ini dapat menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri peserta didik pada tema 9 lingkungan sahabat kita subtema 3 pelestarian Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:31
Last Modified: 25 Aug 2017 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28833

Actions (login required)

View Item View Item