PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan SDN Sindangjaya KabupatenCianjur)

Desyana Lubis, 135060216 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan SDN Sindangjaya KabupatenCianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I - Pendahuluan.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II - Kajian Teori.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III - Metode Penelitian.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV - Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V - Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai, metode yang sering digunakan biasanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Sindangjaya KabupatenCianjur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema perubahan lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model PBL dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 70% dan siklus III 83 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 69% siklus II 70% dan siklus III 80%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 68% dan siklus III 82%. Keempat, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 18% siklus II 32% dan siklus III 93%. Kelima, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 46% siklus II 68% dan siklus III 93%. Kenam, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:15
Last Modified: 25 Aug 2017 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item