PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Produk Sepatu Pada Usaha Menengah BSM SOGA Kota Bandung)

Yanni Tri Wahyuni, 132040112 (2017) PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Produk Sepatu Pada Usaha Menengah BSM SOGA Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR ISI,TABEL,GMBR (kartu bimbingan skripsi).pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

BSM SOGA merupakan sebuah usaha menengah yang bergerak dibidang industri sepatu yang berada di Jalan Cibaduyut Raya Bandung. Berdasarkan penelitian di Usaha Menengah BSM SOGA, peneliti menemukan masalah dalam kegiatan perusahaan yaitu terjadinya fluktuatif penjualan sepatu dalam waktu tiga tahun (2013-2015) dan adanya rasa ketidakpuasan dari konsumen setelah melakukan pembelian produk sepatu di BSM SOGA. Permasalahan tersebut disebabkan karena desain produk sepatu BSM SOGA yang belum optimal. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk sepatu Usaha Menengah BSM SOGA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan penyebaran angket kepada 60 orang responden. Untuk analisis data digunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji hipotesis, koefisisen korelasi rank spearman dan koefisien determinasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa regresi linier terdapat pengaruh positif desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,834 dan koefisien determinasi sebesar 69,56 %. Dengan demikian Desain Produk (X) mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen (Y) sebesar 69,56% dan sisanya sebesar 30,44% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian seperti harga, adanya diskon dan menjelang hari raya. Usaha Menengah BSM SOGA dalam pelaksanaan desain produk mengalami beberapa hambatan yaitu kurang efektif dan efisiennya pada saat proses produksi yang menyebabkan produk sepatu tidak sesuai dengan harapan konsumen, kurangnya kreativitas dan inovasi dari produk sepatu BSM SOGA sehingga produk tersebut terlihat kurang menarik dimata konsumen karena tampilannya yang monoton dan tidak trendy, perusahaan juga sering mengalami keterbatasan bahan baku yang dapat menghambat proses kegiatan perusahaan. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu perusahaan sebaiknya tidak hanya menggunakan proses produksi dengan cara tradisional namun juga dengan cara modern (menggunakan mesin) agar mendapatkan hasil produk yang baik dan juga melakukan riset pasar terhadap produk sepatu yang sedang tren pada saat itu guna menghasilkan produk yang unggul, trendy dan berkualitas. Usaha Menengah BSM SOGA pun sebaiknya mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh pemerintah secara intensif untuk pengembangan usaha yang lebih baik. Perusahaan juga sebaiknya melakukan evaluasi kerja tentang produksi dan menambah supplier bahan baku guna membantu kegiatan perusahaan untuk menghasilkan produk yang unggul. Kata Kunci: Desain Produk, Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Aug 2017 02:37
Last Modified: 25 Aug 2017 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28824

Actions (login required)

View Item View Item