PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU (Penelitian Tindakan Kelas, Pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Kelas IV Semester II SDN Cicalengka 08 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017)

SITI MARIATUL HASANAH, 135060030 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU (Penelitian Tindakan Kelas, Pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Kelas IV Semester II SDN Cicalengka 08 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover PBL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1 GABUNGAN.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di SDN Cicalengka 08 khususnya di kelas Il A dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL ) . Peneltian ini di latar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi dimana cara guru mengajar masih menggunakan metode konvensional guru mendominasi kegiatan yang menyeb abkan siswa pasif dan kurang memahami materi yang telah disampaikan. Penelitian Tindakan kelas ini berla ngsung dalam 3 siklus, untuk siklus I pembelajaran 1,2 siklus 2 pembelajaran 4,5 dan siklus 3 pembelajaran 5, 6 . Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelit ian ini adalah observasi , tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model PBL dapat meni ngkatkan sikap percaya diri, peduli,tang gung jawab dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase ketunt asan sikap percaya diri, peduli , tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada siklus I , II dan siklus I I l. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpul an: Pertama, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada siklu s I 67%, pada siklus Il 74% dan di siklus 3 menjadi 91.5% , Kedua adanya peningkatan sikap p ercaya diri siklus I 20.6%, siklus II 50% dan siklus III 82% , Ketiga adanya peningkatan sikap ped uli siklus I 23%, siklus II 53% dan siklus III 79%, Keempat adanya peningkatan sikap tanggung jawab siklus I 34%, siklus II 55%dan siklus III 81%, Kelima adanya peningkatan hasil belajar siklus I 34%, siklus II 55% dan siklus III meningkat menjadi 81%t. H a mbatan dalam menggunakan model PBL yaitu mengalami kesulitan dalam merumuskan masalah dan pemecahannya. Upaya mengatasi hambatan tersebut yaitu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih kritis dalam mengkaji masalah yang disajikan. Kesimpulan da ri penelitian ini adalah penggunaan model PBL dapat meningkatkan sikap percaya diri, peduli ,tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Cicalengka 08 . Maka, penggunaan model PBL ini dapat dijadika n sebagai salah satu model pembelajaran untuk dit erapkan di sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based L earning, Sikap Percaya Diri, Peduli, Tanggung Jawab Hambatan Pelaksanaan, Upaya Peningkata n

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:19
Last Modified: 08 Sep 2017 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item