PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

FENNY YOZANI, 135060084 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrrak sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri Muararajeun dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini didasari dari kurangnya nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan belum memanfaatkan media dan model secara bervariasi, sehingga aktifitas proses pembelajaran siswa hanya mendengar, mencatat dan menghafal sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan akan membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran diadakan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian RPP, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar kognitif, lembar afektif, lembar psikomotor, lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan melihat hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dari hasil kognitifnya memperoleh nilai persentase 42,10%, pada siklus II memperoleh nilai persentase 76,31%. Dan pada siklus III memperoleh nilai persentase 92,10%. Dalam hal ini siswa juga menunjukkan sikap positif dalam pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu acuan dan alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:04
Last Modified: 16 Aug 2017 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28631

Actions (login required)

View Item View Item