PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V.A1 SDN Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Iis Sholeha, 135060033 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V.A1 SDN Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa guru jarang menggunakan model pembelajaran, hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A1 SDN Asmi Bandung, dengan jumlah peserta didik 33 orang yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan dan 18 peserta didik perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelasnya sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar lebih meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa baik itu afektif, kognitif dan psikomotor dari siklus I sampai siklus III. Adapun penilaian afektif atau sikap Pada siklus I terdapat 45,5% siswa memiliki sikap peduli yang baik, pada siklus II siswa mengalami sedikit peningkatan menjadi 66,7% dan pada siklus III ini merupakan perbaikan dari siklus II sikap pedui siswa mengalami peningkatan menjadi 90,9%. Untuk penilaian sikap kerjasama pada siklus I hanya 51,5% siswa memiliki sikap berkerjasama yang baik, pada siklus II siswa mengalami sedikit peningkatan menjadi 69,7% dan pada siklus III ini sikap kerjasama siswa mengalami peningkatan menjadi 87,9%. Adapun peningkatan Untuk penilaian hasil belajar siswa terdapat 51,5% siswa yang mencapai KKM, pada siklus II siswa mengalami sedikit peningkatan sebesar 63,6% Siswa yang Mencapai KKM dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 87,9% siswa yang mencapai KKM. Adapun untuk penilaian Psikomotor atau keterampilan pada siklus I terdapat 39,4% siswa yang memiliki keterampilan yang baik, pada siklus II mengalami sedikit peningkatan menjadi 63,6%, sedangkan untuk siklus ke III tingkat keberhasilan Psikomotor siswa mencapai 100%. Berdasarkann hasil penelitian Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian lingkungan di kela V A1 SDN Asmi Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian guru bisa menjadikan model PBL sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Pelestarian Lingkungan di kelas V. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:55
Last Modified: 16 Aug 2017 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28629

Actions (login required)

View Item View Item