“ PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU” (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung)

Mia, 135060020 (2017) “ PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU” (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Picture And Picture pada subtema lingkungan tempat tinggalku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Asmi dan di latar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan tanggung jawab dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena banyaknya guru senior yang kurang menguasai model pembelajaran sehingga sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran picture and picture yang terdiri dari 6 pembelajaran, yaitu pengajuan permasalahan, menganalisis permasalahan, mendiskusikan permasalahan, alternative pemecahan, laporan dan presentasi hasil, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian siswa dalam memecahkan masalah yang ada dilingkungan dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru selama proses pembelajaran. dan teknik non tes dalam sikap peduli dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian siswa dalam memecahkan masalah yang ada dilingkungan dan hasil tes belajar. Pada penilaian siswa dalam memecahkan masalah yang ada dilingkungan nilai rata-rata siklus I yaitu dinyatakan cukup baik sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata dinyatakan baik dan pada siklus III nilai rata-rata sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV SDN Asmi. Dengan demikian, penggunaan model picture and picture dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Tematik dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: picture and picture, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:46
Last Modified: 16 Aug 2017 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28628

Actions (login required)

View Item View Item