PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN ASMI Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

ULFAH DINAVITASARI, 135060063 (2017) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN ASMI Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN ASMI Bandung, yang menujukan bahwa hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku masih rendah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku dikelas IV SDN ASMI Bandung. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Inkuiri Terbimbing. Metode penelitian yang dilakukan oleh penelitian yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan tujuan untuk merefleksi dan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN ASMI Bandung dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada siklus I hasil belajar siswa dengan peresentase ketuntasan aspek kognitif mencapai 53,3% siswa yang mencapai KKM, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 53,3%, sikap cinta lingkungan 53,3% dan aspek psikomotor 53,3%, dan belum mencapai target. Pada siklus II hasil belajar aspek kognitif mencapai 66,7% siswa yang mencapai KKM, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 63,3%, sikap cinta lingkungan 66,3% dan asp ek psikomotor 70 %, adapun pada siklus ini sudah mengalami peningkatan dan sudah mendekati target. Pada siklus III mencapai aspek kognitif mencapai 90% siswa yang mencapai KKM, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 76,6 %, sikap cinta lingkungan 83,3% dan aspek psikomotor 100% dan pada siklus ini sudah mencapai target yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN ASMI Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model inkuiri terbimbing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:41
Last Modified: 16 Aug 2017 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28627

Actions (login required)

View Item View Item